[21:22, 3/28/2019] Merri_Q @nnada: Perkenalkan saya Ade Kurniawan, jenis kelamin cowok dengan satu istri dan 3 anak (jangan dibalik, hehe) per 17 Maret 2019 tepatnya anak ketiga saya hadir.
Domisili di Kuningan Jawa barat, bagi yang berlokasi di Kuningan boleh kita kopdar makan bakso bareng. Hehe
Sehari hari jualan online dan sebagai skrup kecil yang gawangi kmo Indonesia agar dijalur yang benar dalam mengejar visi misinya. Hehe
Bagi yang sedikit kepo boleh meluncur ke channel telegram saya t.me/channelsarungpreneur dan fb saya https://www.facebook.com/adepisan
Cukup ya perkenalannya
Malam ini saya dapat amanah ngisi materi kmo club di akhir pertemuan, dengan materi marketing.
Tepatnya saya sharing dan diskusi
Jadi kalau tujuan teman-teman menulis bukan tentang kebaikan, nggak usah menulis!
Sekali lagi nggak usah menulis!
catat ya harus "baik". Mau menulis dimana pun itu
nulis di sosmed, nulis opini, menulis wacana, bikin tulisan dalam bentuk ebook, menulis buku dan semua tulisan yang dibuat dalam media apapun...
Pastinya HARUS WAJIB KUDU MENULIS YANG BAIK & BERUSAHA AGAR BERDAMPAK BAIK.
Saya tekankan ulang meluruskan dan meLuaskan niat dalam menulis itu penting banget
Dan ternyata menulis yang baik itu, menjadi penulis yang baik itu perlu perjuangan dan perlu diperjuangkan,betul nggak?!
Salah satu perjuangannya adalah agar tulisannya baik dan agar berdampak baik untuk pembacanya
Tidak mudah memang tapi bukan berarti tidak bisa. Oleh karena itu kita perlu berusaha menggapainya. Sip ya...
Mo kasih Pertanyaan lagi nih...
kalau kita sudah bikin tulisan (anggaplah tulisan kita sudah baik)
Salah satu kuncinya apa agar berdampak baik? Ada yang mau jawab?
[21:32, 3/28/2019] Merri_Q @nnada: Kunci awalnya adalah...
Jeng-jeng jeng
ADA YANG BACA TULISAN KITA, hehehe
Nah ada yang jawab benar ada yang terkecoh, hehe
Gimana orang lain berubah atas tulisan kita kalau nggak baca buku kita, hehe
Atau baca tulisan kita
Jadi harus diperjuangkan orang lain baca tulisan kita
Jangan salah persepsi ya...
Kita main logika sedikit.
Dalam konteks buku, ada yang baca tulisan berarti harus ada yang beli buku kita, membacanya dan melakukan sesuatu atas info dari yang ia baca di buku.
Kalau dalam jumlah banyak yang beli (best seller) serta masive, maka dampak "baik"nya akan semakin besar.
Jadi kalau nggak ada yang beli gimana bisa baca, dan gimana bisa berubah sang pembaca oleh tulisan kita. iya nggak?
Bisa sih pinjem, tapi yang ngasih pinjem pasti beli dulu iya nggak. Hehe
Sehingga kalau kita sepakat mau menulis buku, maka buku kita menjadi best seller itu HAL YANG HARUS DIKEJAR DAN DIPERJUANGKAN sekuat tenaga, sepakat?!
bukan karena dapat financial, bukan
Bukan bisa bikin tenar, bukan..
Itu dampaknya saja
Efek samping saja
Tapi karena kita sedang memperjuangkan niat kita untuk menyebarkan kebaikan
[21:37, 3/28/2019] Merri_Q @nnada: Bukankah kita akan dapat pasive pahala kalau pembaca kita berbuat baik karena tulisan kita?
Jadi pembahasan kali ini penting karena memasarkan buku itu ikhtiar kita memperjuangkan niat baik kita.
Hal lain kenapa penting pembahasan kali ini, karena kebanyakan penulis merasa selesai tugasnya saat bukunya terbit. Padahal kalau tujuannya menyebarkan kebaikan...menjadikan buku best seller itu hal yang sangat penting lainnya..
Clear ya
Baru pengantarnya nih, hehe
Nah pertanyaan selanjutnya bagaimana biar best seller?
Jawaban pastinya hanya ALLAH SWT yang tahu, hehe
karena DIA PENGGENGGAM Semua kejadian.
Saya pun nggak tahu kalau ditanya resep pastinya, hehe
Tapi ada pola yang bisa kita ambil dari buku-buku best seller yang bisa kita tiru.
Yang bisa mendekatkan buku kita ke best seller
Yang pertama, ini sudah jadi rahasia umum
Pastikan tulisan dalam buku kita menarik dan asyik dibaca.
Sederhananya tulisannya bagus. Hehe
[21:52, 3/28/2019] Merri_Q @nnada: Kang saya baru mau nulis buku pertama Gimana dong?
Ya terus saja menulis, baca ulang sendiri, dan minta pendapat dan masukan beberapa teman agar semakin bagus dan berkualitas tulisan kita.
Pokoknya perjuangkan harus bagus itu tulisan..
Poin kedua kasih tahu khalayak tentang buku kita jauh-jauh hari sebelum terbit, bahasa Sunda namah AWARENES....
Pernah nonton film?
Pernah lihat thriller sebuah film yang ujungnya coming soon?
Pernah baca berita tentang, proses syuting film atau realese flyer sebuah film?
Atau pernah lihat pernak pernik seperti gelas dan lain-lain tentang sebuah film di mini market sebelum filmnya relaese?
Tujuannya NGASIH TAHU
Bahwa akan ada film ini
Nah, kita pun harus begitu tentang buku kita
Ngasih tahu akan ada buku keren judulnya: AKU KEREN
(misalkan umpama jikalau if)
Kebanyakan ngasih tahu pas terbit atau buku sudah terbit🙈
Kalau pun sebelum mepet banget
Gimana orang lain tahu kita akan nerbitin buku kalau kita nggak ngasih tahu...
berharap ke penerbit?
Saran saya jangan berharap ke makhluk, akan hadir rasa sakit. Hehe
Karena penerbit itu bisa jadi buku yang diterbitkan banyak banget dan nggak fokus ke buku kita.
bisa jadi buku kita budget promonya minimalis di penerbit.
So, perjuangkan...
Buat orang lain TAHU.... NGEH... bahwa kita punya tulisan yang akan dibukukan
Sip ya...
Setelah kita berjuang bikin tulisan bagus...
Lalu di AWARENES kan selanjutnya adalah....
Kita PROMOin
Kalau saya bahas Cara PROMO, akan panjang banget pembahasan lengkapnya
Tapi yang ingin saya garis bawahi...
Dalam PROMO buatlah calon pembeli...
Penasaran kalau nggak beli dan MERASA RUGI KALAU NGGAK BELI BUKU KITA dan RUGINYA LEBIH GEDE KALAU NGGAK BELI SAAT masa PROMO
Itu sih singkatnya tentang promo menurut saya
Bisa saja dengan menghadirkan detail info saat promo tentang apa yang didapat jika beli buku kita.
Bisa juga sampaikan keuntungan kenapa harus beli buku kita saat masa promo
[22:02, 3/28/2019] Merri_Q @nnada: Contoh nya ini👇 saat KMO promo buku melawankemustahilan.com
Bisa juga hadirkan testimoni-testimoni atas buku kita, contohnya begini👇
Selanjutnya...
Dalam promo libatkan banyak orang untuk memasarkannya
Kalau perlu bentuk tim pemasaran...
Dua alasan utama bagi saya
Pertama semakin banyak orang terlibat, semakin masive info buku kita menyebar
Kedua bisa jadi buku kitaenjadi wasilah rezeki orang lain
Bukankah itu sesuatu yang baik juga?
Baru ngeh udah jam 10 malam? Cukup ya..
Eh satu lagi....
[22:09, 3/28/2019] Merri_Q @nnada: LIBATKAN ALLAH DALAM SETIAP URUSAN.
Libatkan tuhan dalam SEMUA URUSAN termasuk dalam berusaha menjadikan buku kita best seller
Karena dia yang menentukan sebuah kejadian terjadi
Kita lakukan "tugas" kita yaitu ikhtiar
Dan kita serahkan "bagian-NYA" kepada-NYA yaitu menentukan hasilnya
Oke itu dulu ya...
Jika ada pertanyaan mangga via moderator
#################################################################################
Bismillah..
Assalamu'alaikum Kang Ade, sebelumnya Kang Ade teh alumni Unv. Jend. Soedirman Purwokerto? Tadi ngintip di FB 😁 Kalau betul, kita satu almamater 😅
Saya Lia dari kelompok 9, mau tanya.. Menurut Kang Ade, untuk sebuah cerita, novel, cerpen, atau apapun yg berbentuk plot twist menurut Kang Ade bagaimana? Maksudnya, pembaca menerka-terka endingnya malah justru terkesan tidak ada pelajaran yang dapat diambil dari tulisan tersebut.
Nama : Sali
kel 15
Kak bagaimana caranya nulis kalimat yg aktif dan mempengaruhi pembeli agar tertarik dgn buku kita?
nama: nayfara
kelompok: 12
Apakah kita boleh kasih tau pembaca saat naskah masih dalam proses penyelesaian?
Yup betul saya alumni kimia unsoed lulus 2009
Kalau merasa GK ada pelajaran, ubah sampai ada pelajarannya.. kan kita udah tahu tujuan kita menulis
Syaifur Rahman, Kelompok 16
Menulis harus baik, terkadang baik ini sangat relatif. Menurut pengalaman Akang bagaimana menyikapinya? Khususnya yang terkait dengan pandangan penulis dan penerbit yang tidak linier.
#hatur_nuwun Kang.. 😊🙏
Nama : ansori
Kelompok : 15
Pertanyaan : bagaimana cara membuat testi moni yg mempengaruhi buku kita. Sedangkam kita pemula belum dikenal tokoh penting
Nama: Lisa Anggraini
Kelompok: 8.
Pertanyaan: kang, apakah tingkatan usia untuk pembaca harus kita pikirkan terlebih dahulu agar sesuai dengan genre buku yang kita promosikan? Atau kita langsung promosikan saja?
Syukron ☺.
Banyak cara..
Belajar terus ya
Belajar copy writing yang pastinya
Boleh saja
Ani Azizah
Kelompok 2
#tanya : sebaiknya jarak promo dengan terbit buku berapa lama yang efektif?
Sebagai muslim,saya rasa sudah ada kejelasan yang tegas
Saya Ratih Jussac dari kelompok 14
Assalamualaykum, beberapa saat yll setelah beberapa kali pisting di grup alumni, saya dijapri salah satu member menawarkan agar nadkah buku saya dikirim ke penerbit di mana dia bekerjs. Apakah memang beberapa penerbit punya staff yang seperti itu? Penerbit mayor ini. Saya masih takut2 saja merespon.
Bagaimana sebenarnya perjanjian dengan penerbit itu ?
Oleh karena itu kalau saya selama tidak menentang agama saya lanjutkan saja
nama: nayfara
kelompok: 12
Mana yang lebih baik, menerbitkan buku di penerbit mayor atau indie?
Minta saja testimoni ke orang lain. Coba saja, insya Alloh banyak yang mau ngasih testimoni
Menurut saya, saat menulis kita harus tahu target tulisan kita
Sehingga gaya bahasanya bisa kita sesuaikan dg target market kita
Nggak ada patokan...
Harus dicoba, hehe
Coba saja, baru tahu jelasnya kalau diaenjelaskan detail perjanjiannya... Positif thinking dulu
Semuanya baik... Yg penting tulisannya baik dan best seller🙈
Ok cukup ya....
Nama: Siska Firnindyta
Kelompok: 16
Bismillah
Terima kasih materinya sangat luar biasa Kang.
Kira-kira waktu efektif untuk promosi itu berapa lama, Kang?
Dan bagaimana biar bahasa promosi kita tidak monoton?
Hatur nuhun
Nggak ada patokan, tapi KMO seringnya masa promo online 10-20 hari
19 Riska:
#Tanya
Sebelum buku terbit, untuk mempromosikannya, apa bisa melalui FB Ads? Terima kasih
Seperti buku melawankemustahilan.com 14 hari dan qodarullah tembus 20.000++ eks dalam 14 hari tersebut
Bisa..
Cukup ya..
Udah malam, ikannya udah bobo. Hehe
Terima kasih ya...
Maafkan jika banyak kekurangan
O iya PRnya saya serahkan ke kepsek saja
Nanti kepsek yang ngasih PR
Itu dulu ya...
Wassalamu'alaikum
#################################################################################
Lanjutkan tulisan bikin minimal 25 halaman
Plus cari dan survey target market calon buku teman-teman
DL 3 april 2019
Domisili di Kuningan Jawa barat, bagi yang berlokasi di Kuningan boleh kita kopdar makan bakso bareng. Hehe
Sehari hari jualan online dan sebagai skrup kecil yang gawangi kmo Indonesia agar dijalur yang benar dalam mengejar visi misinya. Hehe
Bagi yang sedikit kepo boleh meluncur ke channel telegram saya t.me/channelsarungpreneur dan fb saya https://www.facebook.com/adepisan
Cukup ya perkenalannya
Malam ini saya dapat amanah ngisi materi kmo club di akhir pertemuan, dengan materi marketing.
Tepatnya saya sharing dan diskusi
Jadi kalau tujuan teman-teman menulis bukan tentang kebaikan, nggak usah menulis!
Sekali lagi nggak usah menulis!
catat ya harus "baik". Mau menulis dimana pun itu
nulis di sosmed, nulis opini, menulis wacana, bikin tulisan dalam bentuk ebook, menulis buku dan semua tulisan yang dibuat dalam media apapun...
Pastinya HARUS WAJIB KUDU MENULIS YANG BAIK & BERUSAHA AGAR BERDAMPAK BAIK.
Saya tekankan ulang meluruskan dan meLuaskan niat dalam menulis itu penting banget
Dan ternyata menulis yang baik itu, menjadi penulis yang baik itu perlu perjuangan dan perlu diperjuangkan,betul nggak?!
Salah satu perjuangannya adalah agar tulisannya baik dan agar berdampak baik untuk pembacanya
Tidak mudah memang tapi bukan berarti tidak bisa. Oleh karena itu kita perlu berusaha menggapainya. Sip ya...
Mo kasih Pertanyaan lagi nih...
kalau kita sudah bikin tulisan (anggaplah tulisan kita sudah baik)
Salah satu kuncinya apa agar berdampak baik? Ada yang mau jawab?
[21:32, 3/28/2019] Merri_Q @nnada: Kunci awalnya adalah...
Jeng-jeng jeng
ADA YANG BACA TULISAN KITA, hehehe
Nah ada yang jawab benar ada yang terkecoh, hehe
Gimana orang lain berubah atas tulisan kita kalau nggak baca buku kita, hehe
Atau baca tulisan kita
Jadi harus diperjuangkan orang lain baca tulisan kita
Jangan salah persepsi ya...
Kita main logika sedikit.
Dalam konteks buku, ada yang baca tulisan berarti harus ada yang beli buku kita, membacanya dan melakukan sesuatu atas info dari yang ia baca di buku.
Kalau dalam jumlah banyak yang beli (best seller) serta masive, maka dampak "baik"nya akan semakin besar.
Jadi kalau nggak ada yang beli gimana bisa baca, dan gimana bisa berubah sang pembaca oleh tulisan kita. iya nggak?
Bisa sih pinjem, tapi yang ngasih pinjem pasti beli dulu iya nggak. Hehe
Sehingga kalau kita sepakat mau menulis buku, maka buku kita menjadi best seller itu HAL YANG HARUS DIKEJAR DAN DIPERJUANGKAN sekuat tenaga, sepakat?!
bukan karena dapat financial, bukan
Bukan bisa bikin tenar, bukan..
Itu dampaknya saja
Efek samping saja
Tapi karena kita sedang memperjuangkan niat kita untuk menyebarkan kebaikan
[21:37, 3/28/2019] Merri_Q @nnada: Bukankah kita akan dapat pasive pahala kalau pembaca kita berbuat baik karena tulisan kita?
Jadi pembahasan kali ini penting karena memasarkan buku itu ikhtiar kita memperjuangkan niat baik kita.
Hal lain kenapa penting pembahasan kali ini, karena kebanyakan penulis merasa selesai tugasnya saat bukunya terbit. Padahal kalau tujuannya menyebarkan kebaikan...menjadikan buku best seller itu hal yang sangat penting lainnya..
Clear ya
Baru pengantarnya nih, hehe
Nah pertanyaan selanjutnya bagaimana biar best seller?
Jawaban pastinya hanya ALLAH SWT yang tahu, hehe
karena DIA PENGGENGGAM Semua kejadian.
Saya pun nggak tahu kalau ditanya resep pastinya, hehe
Tapi ada pola yang bisa kita ambil dari buku-buku best seller yang bisa kita tiru.
Yang bisa mendekatkan buku kita ke best seller
Yang pertama, ini sudah jadi rahasia umum
Pastikan tulisan dalam buku kita menarik dan asyik dibaca.
Sederhananya tulisannya bagus. Hehe
[21:52, 3/28/2019] Merri_Q @nnada: Kang saya baru mau nulis buku pertama Gimana dong?
Ya terus saja menulis, baca ulang sendiri, dan minta pendapat dan masukan beberapa teman agar semakin bagus dan berkualitas tulisan kita.
Pokoknya perjuangkan harus bagus itu tulisan..
Poin kedua kasih tahu khalayak tentang buku kita jauh-jauh hari sebelum terbit, bahasa Sunda namah AWARENES....
Pernah nonton film?
Pernah lihat thriller sebuah film yang ujungnya coming soon?
Pernah baca berita tentang, proses syuting film atau realese flyer sebuah film?
Atau pernah lihat pernak pernik seperti gelas dan lain-lain tentang sebuah film di mini market sebelum filmnya relaese?
Tujuannya NGASIH TAHU
Bahwa akan ada film ini
Nah, kita pun harus begitu tentang buku kita
Ngasih tahu akan ada buku keren judulnya: AKU KEREN
(misalkan umpama jikalau if)
Kebanyakan ngasih tahu pas terbit atau buku sudah terbit🙈
Kalau pun sebelum mepet banget
Gimana orang lain tahu kita akan nerbitin buku kalau kita nggak ngasih tahu...
berharap ke penerbit?
Saran saya jangan berharap ke makhluk, akan hadir rasa sakit. Hehe
Karena penerbit itu bisa jadi buku yang diterbitkan banyak banget dan nggak fokus ke buku kita.
bisa jadi buku kita budget promonya minimalis di penerbit.
So, perjuangkan...
Buat orang lain TAHU.... NGEH... bahwa kita punya tulisan yang akan dibukukan
Sip ya...
Setelah kita berjuang bikin tulisan bagus...
Lalu di AWARENES kan selanjutnya adalah....
Kita PROMOin
Kalau saya bahas Cara PROMO, akan panjang banget pembahasan lengkapnya
Tapi yang ingin saya garis bawahi...
Dalam PROMO buatlah calon pembeli...
Penasaran kalau nggak beli dan MERASA RUGI KALAU NGGAK BELI BUKU KITA dan RUGINYA LEBIH GEDE KALAU NGGAK BELI SAAT masa PROMO
Itu sih singkatnya tentang promo menurut saya
Bisa saja dengan menghadirkan detail info saat promo tentang apa yang didapat jika beli buku kita.
Bisa juga sampaikan keuntungan kenapa harus beli buku kita saat masa promo
[22:02, 3/28/2019] Merri_Q @nnada: Contoh nya ini👇 saat KMO promo buku melawankemustahilan.com
Bisa juga hadirkan testimoni-testimoni atas buku kita, contohnya begini👇
Selanjutnya...
Dalam promo libatkan banyak orang untuk memasarkannya
Kalau perlu bentuk tim pemasaran...
Dua alasan utama bagi saya
Pertama semakin banyak orang terlibat, semakin masive info buku kita menyebar
Kedua bisa jadi buku kitaenjadi wasilah rezeki orang lain
Bukankah itu sesuatu yang baik juga?
Baru ngeh udah jam 10 malam? Cukup ya..
Eh satu lagi....
[22:09, 3/28/2019] Merri_Q @nnada: LIBATKAN ALLAH DALAM SETIAP URUSAN.
Libatkan tuhan dalam SEMUA URUSAN termasuk dalam berusaha menjadikan buku kita best seller
Karena dia yang menentukan sebuah kejadian terjadi
Kita lakukan "tugas" kita yaitu ikhtiar
Dan kita serahkan "bagian-NYA" kepada-NYA yaitu menentukan hasilnya
Oke itu dulu ya...
Jika ada pertanyaan mangga via moderator
#################################################################################
Bismillah..
Assalamu'alaikum Kang Ade, sebelumnya Kang Ade teh alumni Unv. Jend. Soedirman Purwokerto? Tadi ngintip di FB 😁 Kalau betul, kita satu almamater 😅
Saya Lia dari kelompok 9, mau tanya.. Menurut Kang Ade, untuk sebuah cerita, novel, cerpen, atau apapun yg berbentuk plot twist menurut Kang Ade bagaimana? Maksudnya, pembaca menerka-terka endingnya malah justru terkesan tidak ada pelajaran yang dapat diambil dari tulisan tersebut.
Nama : Sali
kel 15
Kak bagaimana caranya nulis kalimat yg aktif dan mempengaruhi pembeli agar tertarik dgn buku kita?
nama: nayfara
kelompok: 12
Apakah kita boleh kasih tau pembaca saat naskah masih dalam proses penyelesaian?
Yup betul saya alumni kimia unsoed lulus 2009
Kalau merasa GK ada pelajaran, ubah sampai ada pelajarannya.. kan kita udah tahu tujuan kita menulis
Syaifur Rahman, Kelompok 16
Menulis harus baik, terkadang baik ini sangat relatif. Menurut pengalaman Akang bagaimana menyikapinya? Khususnya yang terkait dengan pandangan penulis dan penerbit yang tidak linier.
#hatur_nuwun Kang.. 😊🙏
Nama : ansori
Kelompok : 15
Pertanyaan : bagaimana cara membuat testi moni yg mempengaruhi buku kita. Sedangkam kita pemula belum dikenal tokoh penting
Nama: Lisa Anggraini
Kelompok: 8.
Pertanyaan: kang, apakah tingkatan usia untuk pembaca harus kita pikirkan terlebih dahulu agar sesuai dengan genre buku yang kita promosikan? Atau kita langsung promosikan saja?
Syukron ☺.
Banyak cara..
Belajar terus ya
Belajar copy writing yang pastinya
Boleh saja
Ani Azizah
Kelompok 2
#tanya : sebaiknya jarak promo dengan terbit buku berapa lama yang efektif?
Sebagai muslim,saya rasa sudah ada kejelasan yang tegas
Saya Ratih Jussac dari kelompok 14
Assalamualaykum, beberapa saat yll setelah beberapa kali pisting di grup alumni, saya dijapri salah satu member menawarkan agar nadkah buku saya dikirim ke penerbit di mana dia bekerjs. Apakah memang beberapa penerbit punya staff yang seperti itu? Penerbit mayor ini. Saya masih takut2 saja merespon.
Bagaimana sebenarnya perjanjian dengan penerbit itu ?
Oleh karena itu kalau saya selama tidak menentang agama saya lanjutkan saja
nama: nayfara
kelompok: 12
Mana yang lebih baik, menerbitkan buku di penerbit mayor atau indie?
Minta saja testimoni ke orang lain. Coba saja, insya Alloh banyak yang mau ngasih testimoni
Menurut saya, saat menulis kita harus tahu target tulisan kita
Sehingga gaya bahasanya bisa kita sesuaikan dg target market kita
Nggak ada patokan...
Harus dicoba, hehe
Coba saja, baru tahu jelasnya kalau diaenjelaskan detail perjanjiannya... Positif thinking dulu
Semuanya baik... Yg penting tulisannya baik dan best seller🙈
Ok cukup ya....
Nama: Siska Firnindyta
Kelompok: 16
Bismillah
Terima kasih materinya sangat luar biasa Kang.
Kira-kira waktu efektif untuk promosi itu berapa lama, Kang?
Dan bagaimana biar bahasa promosi kita tidak monoton?
Hatur nuhun
Nggak ada patokan, tapi KMO seringnya masa promo online 10-20 hari
19 Riska:
#Tanya
Sebelum buku terbit, untuk mempromosikannya, apa bisa melalui FB Ads? Terima kasih
Seperti buku melawankemustahilan.com 14 hari dan qodarullah tembus 20.000++ eks dalam 14 hari tersebut
Bisa..
Cukup ya..
Udah malam, ikannya udah bobo. Hehe
Terima kasih ya...
Maafkan jika banyak kekurangan
O iya PRnya saya serahkan ke kepsek saja
Nanti kepsek yang ngasih PR
Itu dulu ya...
Wassalamu'alaikum
#################################################################################
Lanjutkan tulisan bikin minimal 25 halaman
Plus cari dan survey target market calon buku teman-teman
DL 3 april 2019